Cetak Gambar Akrilik Untuk Buat Gantungan Kunci Sendiri Pakai Printer Biasa


Halo para pengrajin akrilik sekalian. Banyak sekali yang bertanya kepada kami  cara untuk membuat gantungan kunci terutama bolak balik. Di artikel kali ini kami ingin memberikan cara membuat  gantungan kunci bolak balik menggunakan Plastik Transfer Paper Akrilik. 

Pembuatan gantungan kunci yang akan dibahas dalam artikel ini menggunakan metode transfer gambar ke akrilik, bagi yang belum tahu tentang cara menggunakan Plastik Transfer Akrilik : 
Cara menggunakan Plastik Transfer Akrilik 


Kalau kamu sudah tahu cara penggunaannya diats kita akan lanjutkan langkah selanjutnya untu membuat gantungan kunci akrilik. Khusus untuk panduan yang akan dibahas kali ini kami menggunakan Plastik Transfer Paper Akrilik. 

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan yaitu : 
1. Plastik Transfer Akrilik. 
Plastik ini merupakan plastik khusus untuk memindahkan gambar ke akrilik. Setelah gambar ditempel ke akrilik plastik dapat diklupas dan gambarnya tetap menempel di akrilik. 
Kamu bisa mendapatkan produk ini di berbagai marketplace kesayangan kamu :

2. Printer Inkjet 
Jebnis printer yang digunakan printer inkjet (bukan printer laser) karena transfer paper yang digunakan berbahan plastik jadi pada beberapa printer laser yang telah kami coba, plastiknya meleleh. Printer biasa bisa dengan tinta pigmen, dye, sublim, artpaper / tinta bawaan dari printer.
3. Lem Korea 
Lem korea digunakan untuk menempelkan gambar ke akrilik dan menempelkan sisi akrilik ke akrilik
4. Piloks 
Untuk memberikan coating dasar pada akrilik
5. Cuter Akrilik 
Cuter khusus yang digunakan untuk memotong akrilik 
6. Akrilik bening ukuran minimal 20 x 20 cm 
Untuk ukuran minimal potongan akrilik 20 x 20 cm. Karena jika terlalu kecil lebih susah untuk diaplikasikan.
7. Bor 
untuk memberikan lubang pada akrilik.
Alternatif -> Bisa menggunakan Paku kecil dipanaskan. 

A. Langkah pertama 


Langkah pertama yang kamu lakukan yaitu siapkan dulu desain gantungan kunci yang mau kamu cetak, kemudian cetak desain gantungan kunci yang sudah dibuat ke Plastik Transfer Paper Akrilik menggunakan printer biasa. Jika akrilik yang digunakan akrilik bening, cetakan desain tidak perlu di mirror. Contoh printer yang kami gunakan dalam artikel ini yaitu printer Epson L800 dengan tinta ori asli bawaan dari epsonnya. 


 Hasil prin transfer paper akrilik menggunakan printer epson


B. Transfer Gambar Ke Akrilik 

Langkah selanjutany yaitu memindahkan gambar ke akrilik. Gambar yang tadi sudah di cetak pada transfer paper kemudian kita pindah ke akrilik. Cara memindahkan gambar yang sudah di cetak /diprint tadi yaitu dengan cara ditempelkan ke akrilik menggunakan lem korea, setelah lem merata dan keseluruhan gambar menempel ke akrilik klupas plastiknya, jadi hanya gambarnya yang menempel ke akrilik. 
Cara transfer gambar ke akrilik ini bisa kamu lihat di panduan dan video di link berikut : http://ptpsabloncepat.blogspot.co.id/2017/05/cara-menggunakan-plastik-transfer.html



Hasil Penempelan Gambar Ke Akrilik  Menggunakan Plastik Transfer Paper Akrilik dan Print Epson L800 C.

Setelah gambar menempel keseluruhan dan plastiknya di klupas, maka hanya gambarnya saja yang akan menempel di akrilik. Kemudian berikan Coating/Lapisan Piloks pada akrilik yang sudah ditransfer gambar tadi.  Lapisan / coating piloks yang biasa digunakan yaitu piloks  putih disemprotkan pada permukaan hasil transfer. Piloks putih bermanfaat untuk memberikan ketahanan yang kuat pada hasil transfer selain itu juga sebagai dasar agar ketika nanti di tempel lem untuk pembuatan gantungan kunci bolak balik, tidak tembus. Jadi untuk pemberian piloks ini jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal. Cukup 2 kali semprot dari jarak sekitar 25- 30 cm (jangan terlalu dekat). 


Hasil pemberian coating/lapisan piloks putih.

C. Pemotongan Akrilik

Setelah coating/lapisan piloks sudah kering maka siap untuk di potong sesuai bentuk/pola yang kamu buat. Untuk memotong akrilik dengan bentuk kotak/persegi bisa menggunakan cuter akrilik, kalau bentuknya lekukan tapi tidak terlalu rumit bisa menggunakan gergaji triplek U atau scroll saw dengan mata gergaji yang paling kecil, tetapi jika berbentuk pola yang rumit dan Anda harus menggunakan jasa cuting laser. 


Mesin cuting laser

Cutter akrilik

Gergaji Triplek U (ada di toko matrial)


Scroll saw

Bentuk yang kami buat kali ini merupakan salah satu jenis desain yang detail, karena ada lekukan kecil di bagian atas untuk pengait ring, jadi kami menggunakan laser cuting akrilik untuk proses pemotongannya. Dibandingkan dengan metode pemotongan yang lain laser cuting merupakan metode potong dengan hasil yang rapih. Keuntungan menggunakan cuting laser yaitu hasilnya langsung rapih, tidak perlu finishing amplas / gerinda, jadi bisa langsung di tempel. Kalau menggunakan alat potong yang lain masih harus melakukan tahap finishing agar hasil maksimal.



Hasil potong menggunakan jasa cuting laser. 

E. Penempelan 

Karena menggunakan laser cuting, pemotongan yang digunakan yaitu per sisi. Jadi setelah masing-masing sisi terpotong baru ditempelkan menjadi 1 untuk membuat gantungan kunci bolak balik. Untuk penempelannya dapat menggunakan lem korea atau double tape. Cara penempelan menggunakan lem korea, jika ukuran gantungan kunci Anda dibawah 4 x 4 cm maka cukup berikan 2 sampai 3 tetes lem korea di bagian tengah yang warna putih / yang berlapis piloks. Kemudian himpit / tempelkan bagian lainnya kemudian tekan, maka lem akan menyebar sehingga dengan 2, 3 tetes lem korea saja sudah cukup untuk merekatkan. hasil penempelan 2 sisi. 
Jika sudah melakukan penempelan diatas, dilanjutkan ke tahap akhir yaitu pemberian lubang pada akrilik yang sudah Anda tempel, tetapi jika Anda menggunakan cuting laser, bisa anda desain langsung dengan pemberian lubang, Jadi setelah di tempel tidak perlu lagi ke tahap pengeboran/ pemberian lubang. Kemudian pasang ring gantungan kunci ke dalam lubang, SELESAI. 

Jadi sudah semua materi pembuatan gantungan kunci dengan transfer paper akrilik. 

 Jika anda ingin membuat kreasi sendiri dengan akrilik, untuk membuat gantungan kunci, plakat, vendel, jam akrilik, kartu dari akrilik, dan kreasi akrilik lainnya
Kamu bisa dapatkan kelengkapan-kelengkapannya disini


Kami menyediakan paket belajar untuk kamu yang ingin praktek sendiri untuk membuat kerajinan dengan akrilik. Bisa langsung anda praktekkan dan bisa menjadi hasil kreasi yang dapat anda pasarkan sendiri. 
Isi dalam paket ini yaitu 
1. Plastik Transfer Akrilik (25 lembar)
2. Lem Korea (4 pcs)
3. Gantungan Kunci 50 pcs 
4. Akrilik 20x30 cm (4 lembar)
5. Cuter akrilik 1pcs (isi ulang 2pcs)

 Paket diatas bisa Anda dapatkan dengan 
Rp. 450.000
Rp. 250.000

 Bisa kamu pesan langsung kepada kami atau pesan melalui marketplace kesayangan kamu. 


Atau kamu bisa juga pesan transfer papernya saja.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa hubungi kami

089696888212

WA/SMS / PHONE FAST RESPON 

 Ini beberapa contoh hasil kreasi gantungan kunci dan kartu parkir yang sudah kami buat 


 






Jasabang Adv Web Developer

Memberikan solosi sablon di akrilik, tanpa ribet, tanpa mesin press, irit dan mudah. Menerima pesanan berbagai kreasi akrilik, gantungan kunci, medali, plakat, papan nama, kotak tisu, kotak amal, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar