Cara Membuat Gantungan Kunci Bolak Balik dengan Transfer Paper atau Lem Toner


Selamat siang para kreativ akrilik sekalian. Banyak sekali yang menanyakan ke Jasabang mengenai pembuatan gantungan kunci bolak balik. Pada kesempatan kali ini Jasabang ingin berbagi sedikit mengenai cara pembuatan gantungan kunci bolak balik menggunakan Plastik Transfer Paper Akrilik atau Lem Toner Akrilik. Untuk membuat gantungan kunci yang akan dibahas pada kesempatan kali ini menggunakan teknik transfer, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan Plastik Transfer Akrilik dan Lem Toner akrilik bisa lihat di link berikut :
Cara menggunakan Plastik Transfer Akrilik 

Cara menggunakan Lem Toner Akrilik 

Setelah Anda mengetahui cara penggunaan Plastik Transfer Paper Akrilik atau Lem Toner Akrilik diatas ada bisa mempertimbangkan sendiri kira-kira produk mana yang pas untuk Anda, sebagai persiapan membuat gantungan kunci bolak balik. 

Khusus untuk panduan yang akan dibahas kali ini Jasabang menggunakan Plastik Transfer Paper Akrilik. Jadi bahan yang perlu Anda siapkan 

1. Plastik Transfer Akrilik.
Fungsinya untuk memindahkan gambar ke Akrilik
Jika ingin membeli produk ini bisa ke lapak kami di Marketplace ini 
2. Printer Inkjet (Print biasa bisa dengan tinta pigmen, dye, sublim, artpaper / tinta bawaan dari printer)
3. Lem Korea
4. Piloks
5. Cuter Akrilik 
6. Akrilik bening ukuran minimal 20 x 20 cm (Jangan terlalu kecil) 
7. Bor (untuk memberikan lubang pada akrilik). Alternatif -> Bisa menggunakan Paku kecil dipanaskan.


A. Langkah pertama 
Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah cetak desain gantungan kunci yang Anda buat ke Plastik Transfer Paper Akrilik. Karena menggunakan akrilik bening, cetakan desain tidak perlu di mirror.


Untuk cetakan kali ini Jasabang menggunakan printer Epson L800.

B. Transfer Gambar Ke Akrilik
Langkah kedua, pindah / transfer gambar Anda ke akrilik. Untuk cara mentransfer gambar yang sudah di cetak ditempel ke akrilik menggunakan lem korea, kemudian klupas plastiknya jadi hanya gambarnya yang menempel ke akrilik. Cara transfer gambar ke akrilik ini bisa Anda lihat di panduan dan video di link berikut : http://ptpsabloncepat.blogspot.co.id/2017/05/cara-menggunakan-plastik-transfer.html


Hasil Transfer Gambar Menggunakan Plastik Transfer Paper Akrilik dan Print Epson L800
 
 C. Berikan Coating Piloks 
Setelah gambar menempel / sudah ditransfer ke akrilik maka yang perlu Anda lakukan adalah memberikan lapisan / coating piloks putih pada permukaan hasil transfer. Hal ini dilakukan untuk memberikan ketahanan yang kuat pada hasil transfer selain itu juga sebagai dasar agar ketika nanti di tempel lem untuk pembuatan gantungan kunci bolak balik, tidak tembus. Jadi untuk pemberian piloks ini jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal. Cukup 2 kali semprot dari jarak sekitar 25- 30 cm (jangan terlalu dekat).

Hasil pemberian coating/lapisan piloks putih. Jika Anda tidak ingin menggunakan piloks bisa langsung pesan transfer paper akrilik dasar putih.



 D. Pemotongan
Untuk pemotongan hasil transfer yang sudah di piloks, jika bentuknya kotak/persegi bisa menggunakan cuter akrilik, kalau bentuknya lekukan tapi tidak terlalu rumit bisa menggunakan gergaji triplek U dengan mata gergaji yang paling kecil, tetapi jika berbentuk pola yang rumit dan Anda harus menggunakan jasa cuting laser.
Mesin cuting laser

Cutter akrilik

Gergaji Triplek U

Untuk desain yang Jasabang buat kali ini merupakan salah satu jenis desain rumit, karena ada lekukan kecil di bagian atas untuk pengait ring, jadi kami menggunakan jasa laser cuting akrilik.Keuntungan menggunakan jasa cuting yaitu hasilnya langsung rapih, tidak perlu finishing amplas / gerinda, jadi bisa langsung di tempel. Kalau menggunakan alat potong yang lain masih harus melakukan tahap finising agar hasil maksimal.


 Hasil potong menggunakan jasa cuting laser.

E. Penempelan 2 Sisi dan Pemasangan Ring Gantungan Kunci 
Setelah hasil transfer dipotong sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, kemudian tempelkan  ke 2 sisi gantungan kunci tersebut menggunakan lem korea. Cara pemberian lem, jika ukuran gantungan kunci Anda dibawah 4 x 4 cm maka cukup berikan 2 sampai 3 tetes lem korea di bagian tengah yang warna putih / yang berlapis piloks. Kemudian himpit / tempelkan bagian lainnya kemudian tekan, maka lem akan menyebar sehingga dengan 2, 3 tetes lem korea saja sudah cukup untuk merekatkan. 


hasil penempelan 2 sisi.

Jika sudah melakukan penempelan diatas, dilanjutkan ke tahap akhir yaitu pemberian lubang pada akrilik yang sudah Anda tempel, tetapi jika Anda menggunakan jasa cuting laser, bisa anda desain langsung dengan pemberian lubang, Jadi setelah di tempel tidak perlu lagi ke tahap pengeboran/ pemberian lubang. Kemudian pasang ring gantungan kunci ke dalam lubang, SELESAI. 

Selamat berkreasi 

Untuk pemesanan semua bahan materi diatas bisa menghubungi Jasabang di 
089696888212
WA/SMS / PHONE  FAST RESPON
Atau kunjungi lapak kami di Marketplace kesayangan Anda

Ini beberapa contoh hasil kreasi gantungan kunci dan kartu parkir yang sudah kami buat 






Jasabang Adv Web Developer

Memberikan solosi sablon di akrilik, tanpa ribet, tanpa mesin press, irit dan mudah. Menerima pesanan berbagai kreasi akrilik, gantungan kunci, medali, plakat, papan nama, kotak tisu, kotak amal, dan lainnya.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Alamat dimana,?
    & brpa hrga sepaket.nya itu,?

    BalasHapus
  3. Alamat dimana,?
    & brpa hrga sepaket.nya itu,?

    BalasHapus
  4. Alamat dimana,?
    & brpa hrga sepaket.nya itu,?

    BalasHapus